Recomended:

Cara Kalibrasi Baterai pada Smartphone atau Tablet Android



Baterai adalah salah satu hal penting bagi pengguna smartphone, ada beberapa tips untuk memecahkan masalah baterai ini. Jika performa baterai dan waktu aktif baterai mengalami penurunan, saatnya untuk di kalibras, sebelum membeli baterai ponsel. disini akan dijelaskan tentang kalibrasi baterai Android dan bagaimana melakukannya.

Jika anda merasa bahwa kinerja baterai terus menurun, maka saatnya untuk mencoba di kalibrasi. Salah satu tandanya adalah ketika baterai ponsel anda cepat habis atau tidak bisa di isi.

Yang mengalami masalah tersebut mungkin berpikir baterai atau perangkat rusak, tapi sebelum di ganti yang baru, kami sangat menyarankan mencoba untuk mengkalibrasi baterai anda.

Apa artinya Kalibrasi ?

Sistem operasi Android memiliki pengaturan yang disebut Battery Statistik yang menunjukkan kapasitas baterai, ketika penuh atau kosong. Masalahnya adalah bahwa kadang-kadang tidak berfungsi dan data yang ditampilkan tidak akurat, yang menyebabkan telepon mati sebelum mencapai 0%. Proses kalibrasi baterai akan memperbaiki hal tersebut.

Cara mengkalibrasi baterai ponsel Android tanpa mengunakan akses root

Pertama, anda harus memeriksa kapasitas baterai, yang dapat di lihat pada baterai atau dengan mencari spesifikasinya di internet. atau Install aplikasi bernama Current Widget: Baterai Monitor: untuk instalasi melalui komputer atau PC bisa lihat caranya di bagian posting Cara Install Android App dari Komputer



Aplikasi ini akan menunjukkan daya baterai dalam milliamps (mAh). Mengisi smartphone anda selama beberapa waktu sampai mencapai jumlah total milliampere yang perlukan untuk spesifikasi baterai anda.

Ketika jumlah yang diperlukan tercapai, matikan telepon dan restart. Baterai sekarang akan full 100% dan seharusnya tidak menimbulkan masalah lagi.

Kedua, isi penuh baterai dengan telepon masih menyala dan bila baterai sudah terisi penuh, cabut charger dan matikan telpon.

Ketika telepon mati, masukan ke charger dan biarkan sampai baterai terisi 100% lagi.

Berikutnya cabut charger, hidupkan telepon dan pastikan layar tidak di mati, bila sudah. lalu konekan kembali ke charger dan tunggu sampai mengisi 100%.

Setelah sampai 100%, cabut charger lagi dan jangan diisi sampai smartphone mati sendiri dengan daya baterai 0%. Setelah mati, isi penuh lagi dan seharusnya cara ini berhasil. Pengaturan layar akan kembali normal (mati kemudian akan menyala kembali).

Cara mengkalibrasi baterai ponsel Android dengan mengunakan akses root

Pertama install aplikasi Battery Calibration, Selanjtunya, isi baterai Smartphone android anda sampai 100%. Kemudian buka aplikasi Battery Calibration dan periksa jumlah 'mV' letaknya tepat disebelah percentage, ada angka yang terus naik. Jika terus naik bahkan jika baterai sudah mancapai 100% tetap naik, teruskan mengisi baterai telepon, Ketika angka berhenti naik dan baterai terisi 100%, tekan tombol battery calibration dan kemudian restart smartphone. hal tersebut ini akan disimpan sebagai titik kapasitas maksimum dan informasi yang lama dihapus dalam Statistik Baterai anda saat data yang baru telah dibuat. jika cara ini tidak berhasil maka anda bisa mecoba cara yang kedua dibawah.

Masuk ke menu recovery mode pada Android anda dan pilih Advanced disitu anda akan menemukan pilihan "wipe battery stats". Ini akan menghapus kalibrasi sebelumnya atau ketika menginstall ROM.

Selanjutnya, baterai harus benar-benar habis dan kemudian hubungkan ponsel ke pengisi daya. jangan sampai ada gangguan seperti listrik mati dll, smartphone dalam keadaan mati.

Ketika sudah mencapai 100%, hidupkan lagi charger jangan dilepas dan buka aplikasi Battery Calibration. Klik pada tombol tengah, popup akan muncul yang akan meminta izin Super User anda tinggal accept lalu akan muncul pesan yang mengatakan kalibrasi berhasil. Tekan OK, lepaskan perangkat dari charger dan tutup aplikasi.

Semoga teknik ini bisa menolong memperpanjang sisa umur baterai anda, jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan lewat tombol media sosial dibawah.




0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© 2013 - 2020 Tips dan Trik Android - Download Aplikasi Android Terbaik | All rights reserved.
Proudly Powered by Blogger.